SELAMAT DATANG DI WEBSITE FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA BANDUNG

SEMINAR AUDIT MENGENAI KPK(KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI)

 Bandung – pada hari selasa, 6 september 2016, pukul 10.00 WIB, mahasiswa UNAI yang mengambil mata kuliah “Seminar Audit” mengadakan seminar “Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)” yang bertempat di ruang 101 Academic  Building. Seminar ini dibawakan oleh Josephin Marbun, Rey Sinaga , dan Eric  Rotama.

Seminar ini membahas sejarah dan tujuan dari KPK. Dimana tujuan dari KPK tersebut adalah meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindakan pidana korupsi. KPK didirikan berdasarkan pada Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindakan Pidana Korupsi. Dalam pelaksanaan tugasnya, KPK berpedoman kepada lima azas, yaitu:

  1.  Kepastian hokum
  2.  Keterbukaan
  3.  Akuntabilitas
  4.  Kepentingan umum
  5. Proporsionalitas

Tidak hanya itu, di dalam seminar ini juga membahas kasus dari Nur Alam, direktur PT AHD Widdi Aswindi Senyum. Dimana KPK menetapkan Nur Alam sebagai tersangka dugaan penyalah gunaan kewenangan atas penerbitan rangkaian perizinan usaha tambang PT Anugrah Harisma Barakah pada tahun 2009 – 2014. Nur Alam diduga mendapat timbale balik saat mengeluarkan izin usaha pertambangan nikel terhadap PT Anugrah Harisma Barakah di Kebupaten Button dan Kebupaten Bombana Sulawesi Tenggara.

Seminar ini berjalan dengan menarik, banyak pertanyaan dan pendapat yang dilayangkan oleh para pendengar. banyak ilmu yang didapat dalam seminar ini.

©2015 Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia All right reserved   Developed by javwebnet